Tanda-Tanda akan Melahirkan


Tanda-Tanda akan Melahirkan



Kehamilan adalah peristiwa unik yang terjadi pada seorang wanita, begitu pula dengan melahirkan sehingga antara wanita satu dengan yang lainnya akan sangat berbeda. Dua peristiwa ini merupakan peristiwa yang sangat penting bagi seorang wanita. Secara normal proses melahirkan akan terjadi sekitar minggu ke 39 dan 41 usia kehamilan. Sekali lagi proses melahirkan itu unik jadi anda hanya perlu mengenali berbagai tanda-tanda akan melahirkan berikut ini. 
Pada saat mendekati proses melahirkan tubuh akan memproduksi progesteron yang bertujuan melunakkan jaringan disekitar jalan lahir untuk mempersiapkan proses kelahiran bayi anda. Pastikan pengalaman melahirkan bayi anda, akan menjadi salah satu pengalaman luar biasa anda. berikut ini merupakan tanda-tanda akan melahirkan yang perlu anda ketahui. 

Sakit pada Panggul dan Tulang Belakang
semakin besar kehamilan maka semakin berat beban yang akan anda tanggung. Namun saat mendekati masa melahirkan maka sakit didaerah panggul dan tulang belakang rasanya akan sedikit berlebih dari pada biasanya. Hal ini terjadi karena otot sekitar panggul akan bereaksi terhadap proses melahirkan. Rasanya hampir sama dengan sakit pinggang namun untuk pastinya tidak terasa pusatnya dimana. Jika anda mengalami proses yang seperti ini maka posisi rukuk adalah posisi yang nyaman untuk mengurangi nyeri anda.

Sulit untuk Tidur
mendekati proses melahirkan anda akan semakin sulit tidur. Badan terasa resah dan juga produksi keringat akan berlebih sehingga anda akan merasa kurang nyaman. Hal ini berarti ini tanda-tanda akan melahirkan sudah dekat. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan relaksasi menggunakan afirmasi positif ibu akan melahirkan agar anda merasa nyaman, tenang dan juga bahagia dalam menjalani proses kelahiran. 

Keluarnya Lendir bercampur Darah
Keluarnya lendir bercampur darah dari vagina ini seperti flek pada saat tanda-tanda akan haid. Karena lendir bercampur darah maka warnanya akan coklat. flek ini hanya sedikit. jika sudah seperti ini kemungkinan besar waktu melahirkan anda sudah dekat. 

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Frekuensi buang air kecil akan meningkat saat anda mendekati proses melahirkan. Hal ini terjadi akibat posisi bayi yang telah berada di panggung sehingga menekan kandung kemih. Anda akan semakin sering buang air kecil. Hal berikutnya yang akan terjadi adalah anda juga akan merasakan perut mulas seperti mau buang air besar. Sehingga anda harus benar-benar peka mengenali tanda-tanda akan melahirkan. 

Kontraksi
kontraksi yang terjadi selama bulan-bulan akhir kehamilan akan sering terjadi. Kontraksi ini rasanya seperti otot-otot perut mengencang. Sehingga ketika terjadi kontraksi itu bisa jadi merupakan kontraksi palsu.  Untuk mengenali kontraksi yang asli dan palsu, Anda bisa menandai terjadinya frekuensi kontraksi. Jika hanya sebentar dengan frekuensi yang tidak teratur maka ini merupakan kontraksi palsu. Namun jika frekuensinya teratur mulai dari 15-20 menit sekali sampai nantinya mendekati angka lima menit sekali. Jika frekuensinya semakin sering maka anda bisa menenangkannya dengan mengatur pernapasan. tarik napas kemudian istighfar. Jangan pernah mengeluh atau teriak-teriak. ingat bayi anda bisa mendengar. sambut kehadirannya dengan bahagia. rasa sakit tidak akan berarti apa-apa ketika anda melihat bayi anda lahir dengan sehat.

Pecahnya Ketuban
Sekali lagi proses melahirkan itu unik. Pada sebagian wanita tanda-tanda akan melahirkan diawali dengan pecahnya ketuban namun ada juga yang baru pecah ketika dipecah oleh tenaga medis. pecahnya air ketuban terjadi akibat desakan bayi yang menuju jalan lahir. pecahnya ketuban ini bermacam-macam ada yang seperti buang air kecil bahkan ada juga yang berupa rembesan seperti keputihan. jika ini terjadi maka anda tidak boleh panik dan langsung bisa menghubungi tenaga medis kepercayaan anda.
Pecahnya air ketuban menandakan waktu melahirkan sudah sangat dekat. Saat melahirkan adalah doa yang paling utama bagi seorang ibu. maka lalui proses kelahiran bayi anda dengan doa yang baik untuk bayi anda. Salah satu kunci kesuksesan melahirkan adalah berpikiran positif bahwa proses melahirkan anda berjalan dengan sangat menyenangkan.

Baca Juga :
Perlengkapan Yang Dibawa Saat Melahirkan

Semoga bermanfaat dan selamat menunggu kelahiran bayi anda dengan bahagia. 

No comments