Proses kehamilan yang mengagumkan

Proses kehamilan yang mengagumkan

Proses kehamilan yang mengagumkan



Proses kehamilan merupakan anugrah Allah yang luar biasa mengagumkan. Bagaimana tidak karena kehamilan adalah bukti nyata betapa istimewanya seorang wanita. Proses kehamilan dimulai dari terbentuknya janin yang membutuhkan waktu yang terbagi dalam 3 tahapan. Tahapannya adalah sebagai berikut,

1. Trisemester pertama
Kehamilan dimulai dari air mani yang berasal dari saripati tanah yang kemudian diproses atau bisa juga disebut sebagai nutfah. Nutfah ini kemudian bercampur dengan sel telur (nuthfatul amsyaj). Secara ilmu biologi nutfah atau spermatozoa yang telah membuahi sel telur kemudian terbentuklah zigot. Kemudian zigot ini mengalami pembelahan menjadi dua dan kelipatannya hingga membentuk kumpulan zigot. Dari kumpulan zigot ini kemudian membentuk morula, dan terus membelah dan pada akhirnya terbentuklah embrio yang memiliki panjang kurang lebih 3 inci.
 Pada tahap ini organ jantung berkembang dan diikuti oleh perkembangan liver dan organ-organ dalam lainnya. Berikutnya bayi telah memiliki urat saraf tulang belakang, mata, telinga, lubang hidung dan mulut. Anda bisa mendengar detak jantungnya pada minggu kelima. Selain itu plasenta dan tali pusat telah bekerja dengan maksimal. Pada minggu ketujuh pembentukan jantung telah sempurna. Pada minggu ini bayi juga telah memiliki gerak refleks dan spontan serta diakhir minggu otak telah terbentuk lengkap.
 Minggu berikutnya yaitu minggu kedelapan indra peraba telah terbentuk sehingga gerakannya berupa getaran yang menyerupai kram-kram ringan . Jika demikian hendaknya anda menyentuh bagian itu dengan penuh cinta dan berbahagialah atas kehadiranya. Biarkan ia ,merasakan cinta anda. Minggu kesepuluh perkembangan otak berjalan dengan cepat sehingga ukuran kepala lebih besar dari organ tubuh. Telinga juga telah terbentuk namun mata masih dalam proses membentuk pigmen.
 Dan pada minggu 11 sampai 15 indra penciuman terbentuk sempurna sehingga bayi dapat mencium aroma air ketuban. Apapun makanan anda, nutrisinya akan diserap oleh bayi sehingga ia dapat juga mencium aromannya melalui air ketuban. Selain itu ia juga akan mengingat melalui indra penciuman ini aroma sang ibu. Pada minggu ke dua belas bayi dapat merespon yaitu dengan tendangan ringan dan juga memilih makanan dari air ketuban. Jika makanannya dirasa enak dan manis maka ia akan menelannya sedangkan jika pahit maka ia tidak akan memakannya.
 Pada trisemester pertama ini adalah tahap pembentukan organ dasar dan sangat vital, oleh karena itu berikan yang terbaik untuk bayi anda sehingga ia tumbuh dengan sempurna

2. Trisemester kedua
Trisemester kedua ini berlangsung antara minggu ke 13 sampai minggu ke 28. Pada trisemester kedua ini merupakan tahapan lanjutan atau penyempurnaan dari trisemester pertama. Pada tahap ini bayi telah memiliki alis, bulu mata, tulang rusuk dan juga akan sering bergerak.
Percaya atau tidak? Pada tahap ini bayi dapat mendengar denyut jantung sang ibu, suara perut ibu ketika mencerna makanan serta mendengar suara ibunya. Oleh karena itu kelak setelah kelahiran jika anak menangis kemudian ibunya mendekat dan mengatakan sesuatu bayi akan langsung tenang. Hal ini disebabkan karena suara dan aroma sang ibu telah ia kenal sejak dalam kandungan.
 Pada minggu kedelapan belas bayi akan bergerak aktif sehingga ibu dapat merasakan gerakannya untuk pertama kali. Minggu kedua puluh dua ia telah merasakan lingkungannya, merasakan belaian. Minggu berikutnya proses pembentukan indra pendengaran telah sempurna. Air ketuban merupakan penghantar yang baik untuk bayi. Sehingga pada tahap ini bayi telah mampu mengenali suara disekitarnya selain suara ibu. Pada tahap ini diharapkan sang ayah juga aktif mendukung perkembangannya. Yaitu dengan membacakan doa dan juga bercakap dengan bayi. Minggu ke 26 mata bayi akan tertutup karena sedang memproduksi retina.
Baru pada minggu ke 27 bayi akan membuka mata untuk pertama kalinya. Sehingga ia akan mengenali cahaya baik cahaya matahari atau lampu. Pada tahap ini sempurnalah segala proses perkembangan bayi sehingga lingkungan harus dijaga, ucapan harus yang baik-baik agar bayi merasa nyaman berkembang dalam kandungan. Alasan inilah seorang ibu tidak boleh setres karena akan membuat bayi tidak nyaman. Hal yang terjadi ketika setres adalah perkembangan bayi tidak sempurnya dan bahkan bisa keguguran.
3. Trisemester ketiga
Untuk trisemester terakhir ini berlangsung antara minggu ke 29-40. Secara kesempurnaan organ, bayi telah siap hidup diluar kandungan. Petumbuhannya telah memenuhi ruang rahim sang ibu. Proses kehamilan tahap ini anda bisa melihat gerakannya yang timbul dari perut anda. terkadang lancip atau tumpul. Tahap ini benar-benar mendekatkan anda dengan bayi. Pada tahap ini pula anda bisa melakukan komunikasi dengannya. Diajak bicara, mengaji, mendengarkan musik dll.
Nah, dengan mengetahui proses kehamilan maka seharusnya anda harus mampu mengambil tindakan yang pas dalam setiap minggunya untuk mendukung perkembangannya agar semakin sempurna. Proses kehamilan itu indah.

No comments