Cara Mengobati Mata Belekan pada Bayi


          



Mata belekan pada bayi sebenarnya adalah hal yang biasa terjadi. Jadi bunda tidak perlu khawatir berlebihan namun harus melakukan penangan yang tepat. Kata orang tua, mata belekan pada bayi merupakan proses pembersihan dari sisa-sisa air ketuban di dalam kandungan.
             Mata belakan pada orang dewasa dan bayi berbeda. Jika belekan pada orang dewasa ditandai  mata merah yang diikuti oleh keluarnya kotoran . Namun jika pada bayi yang baru lahir biasanya hanya keluar kotoran yang membuat bayi kesulitan untuk membuka mata. Hal ini biasanya terjadi saat bayi bangun tidur.  Keluarnya kotoran yang diikuti oleh mata merah berarti ini telah terjadi iritasi.
          Iritasi ini biasanya terjadi akibat kotoran yang masuk kemata bayi seperti lingkungan yang kotor atau yang sering terjadi adalah terkena cakaran tangan bayi itu sendiri. Jika ini terjadi maka jangan terburu-buru untuk menggunakan obat seperti salep dan sejenisnya. Jika tidak cocok dengan mata bayi maka akan berbahaya.
            Untuk penangan pertama bunda cukup menggunakan ASI sebagai obat. Caranya teteskan ASI pada mata bayi yang belekan. Jadi prosesnya sama seperti obat tetes. Lakukan ini secara berkala tiga kali sehari dengan telaten.  Jika belekannya berada ditengah maka bbiarkan ia minggir ke sudut mata baru anda bersihkan menggunakan kapas yang telah dikasih air hangat. Selanjutnya bunda harus memastikan kebersihan diri sebelum memegang bayi.
           Mitos yang mengatakan bahwa seorang ibu pulang dari luar rumah harus cuci tangan, kaki dan payudara agar hal-hal mistis tidak mengganggu buah hari tercinta. Hal ini ada benarnya namun bukan pada hal mistis, melainkan pada kotoran yang melekat saat diluar dapat di bersihkan terlebih dahulu sebelum memegang dan menyusui bayi. Sehingga kebersihan bayi bunda akan tetap terjaga.
         Selaian memastikan kebersihan bunda saat bersama si kecil, bunda juga harus merawat kuku bayi dengan baik. Jangan  biarkan kuku bayi tumbuh dengan panjang. Kuku bayi sangat cepat pertumbuhannya sehingga bunda harus telaten untuk memotongnya. Jika tidak maka akan membuat luka goresan pada wajah dan mata sehingga bisa menyebabkan iritasi.
         Memotong kuku bayi memang sedikit mendebarkan karena kukunya yang masih lunak ditambah kekhawatiran akan melukai jari bayi. So, bunda harus percaya diri dalam memotong kuku bayi jangan ragu karena keraguan hanya akan membuat bunda grogi dan bisa-bisa melukai jari bayi.
         Pengobatan belek mata bayi dengan ASI memang tidaklah instan. Bunda harus telaten dan yakinkan diri bahwa bayi anda akan sehat dengan menggunakan ASI sebagai obat. Ini merupakan pengalaman pribadi saya serta sudah ditiru oleh adik saya. Kuncinya hadapi segala sesuatu yang terjadi pada bayi anda dengan tenang dan tidak mudah panic. Salam bahagia untuk anda sekeluarga.  

No comments