Cara Memperbanyak ASI, Makanlah Makanan Ini

Cara Memperbanyak ASI, Makanlah Makanan Ini

Cara Memperbanyak ASI, Makanlah Makanan Ini


ASI  adalah kebutuhan pokok bagi bayi yang baru lahir. Sehingga kebutuhan itu harus terpenuhi dnegan baik secara kualitas dan juga kuantitas.  Saat ini ada banyak suplemen yang dapat meningkatkan produksi ASI yang bisa anda dapat secara bebas dipasaran. Namun semua supplement itu tentu saja mengandung bahan kimia yang dapat merugikan anda dan bayi anda. 

Diera modern seperti ini, seorang ibu harus smart dan dan bijak dalam mengambil tidakan. Cara memperbanyak ASI bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tanpa mengandung bahan kimia pabrik. Dilingkungan sekitar banyak tersedia berbagai makanan yang dapat memperbanyak ASI. Berikut ini adalah cara memperbanyak ASI, maka makanlah makanan ini,


Daun Katuk
daun katuk

Sudah terkenal sejak duku bahwa daun katuk dapat memperbanyak produksi ASI. Makanya sekarang sudah banyak tersedia supplement untuk memperbanyak ASI dengan ektrak daun katuk. Kenapa harus supplement jika yang alami saja masih ada. Tentu saja yang alami masih lebih sehat. Daun katuk mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk meproduksi asi. Banyak orang mengatakan rasa daun katuk itu pahit, sebenarnya tidak jika anda memasaknya yang bagian daun mudanya. 


Bayam
bayam

Bayam adalah sayur yang sangat mudah untuk didapatkan dan dibudidayakan. Bayam juga merupakan makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Bayam mengandung jaz besi yang baik untuk ASI. Selain itu bayam juga mengendung vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan daya tubuh bayi anda.  Vitamin A, C, E, K, protein mineral riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, thiamin, kalium, fosfor juga terlkandung dalam bayam. 
Sehingga bayam harus menjadi menu wajib anda. Agar tidak bosan maka anda bisa mengganti menunya setiap dua hari sekali.


Sawi hijau
sawi hijau

Sayur berwarna hijuu banyak mengandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk memproduksi ASI. Makanan yang mengandung enzim ini sangat bermanfaat untuk memperbanyak ASI. Sawi bisa anda sajikan dalam bentuki sayur bobor ataupun urap. Bagi anda yang tidak suka keduanya bisa anda masak dengan cara direbus saja, kemudian dijadidkan lalapan. 


Wortel
wortel

Wortel sangat terkenal dengan kandungan vitamin A, namun tahukan handa ternyata wortel juga mengandung enzim phytoestrogens. Sama pada bayam dan sawi, bahwa kandungan enzim ini dapat memperbanyak produksi asi. Untuk mendapatkan manfaatnyasecara maksimal maka anda bisa mengkonsumnya langsung atau dengan cara dijus. Usahakan jika dijus jangan menggunakan gula berlebih, akan lebih baik jika anda menggunakan madu sebagai pemanisnya. 


Biji Adas
biji adas

Adas merupakan tanaman tradisional yang sekarang ini banyak dibudidayakan karena keberagaman manfaatnya. Sudah menjadi kepercayaan bahwa biji aatu daun adas dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu membuat aroma ASI akan menjadi lebih segar dan harum.

Selain itu, biji adas juga bermanfaat untuk mengatasi kolik pada bayi. Biji adas juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Rasanya yang mint juga dapat membantu anda dalam menyegarkan mulut dan baik untuk pencernaan.


Kemangi
kemangi

Kemangai merupakan tanaman rumahan yang mudah didapat. Daun kemangi yang harum ternyata mengadung enzim phytoestrogens. Dan tentu saja dapat meperlancar ASI. Anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai penyedap sayur bening, atau hanya sekedar digunakan sebagai lalapan. Produksi keringat ibu menyusui juga sangat banyak, dan daun kemangi dapat membantu anda dalam mengatasi bau badan.


Air Putih
air putih

Air putih dapat memperlancar ASI. Kekurangan air dapat berdampak pada menurunnya produksi ASI. Sehingga selain berbagai makanan diatas, air putih adalah yang terpenting untuk anda penuhi agar produksi ASI anda banyak dan juga berkualitas. Begitu adilnya Allah yang telah menyediakan kemudahan untuk manusia dalam melakukan kebaikan. Karena menyusui adalah ibadah yang berpahala besar. 

Semoga bermanfaat, selain makanan diatas yang harus anda konsumsi maka kunci utama adalah niat dan juga bahagia saat menyusui. Have a nice day, mom!

No comments