Manfaat Menimang atau Menggendong Bayi


Manfaat Menimang atau Menggendong Bayi


Manfaat Menimang atau Menggendong Bayi



Menimang atau menggendong adalah istilah yang digunnakan para orang tua untuk menunjukkakan kasih sayangnya kepada buah hati tercinta. Apalagi bagi pasangan yang baru dikaruniai anak maka hal ini merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain menyenangkan bagi orang tua, ditimang adalah aktifitas yang sangat disukai oleh bayi. Dengan gerakan mengayun-ayun maka akan membuat bayi nyaman. 

Bayi hanya bisa menangis saat ia merasa tidak nyaman, dan menimang adalah salah satu cara untuk menengkannya. Namun ada beberapa orang tua yang beranggapan bahwa menimang hanya akan membuat bayi manja atau dalam istilah Jawa tuman (kecanduan). Sedikit-dikit nangis, dan setelah ditimang ia akan tenang. Ada bahkan beberapa bayi yang bisa tidur lama dan nyenyak hanya jika ia ditimang. Kejadian seperti inilah yang ditakutkan sebagian orang tua. 

Pada dasarnya kecanduan gendong atau timang ini hanya sugesti belaka. Hal ini terjadi karena orang tua beranggapan demikian bahwa menggendong hanya akan membuat bayi kecanduan. Coba sekarang diubah pola pikirnya bahwa menggendong bayi merupakan wujud kasih sayang anda pada bayi. Maka anak akan tumbuh dengan pengertian yang tinggi. Jangan pernah berprasangka buruk terhadap perkembangannya. Fokus saja terhadap apa yang anda inginkan. Ingat sekarang ini status anda adalah orang tua, dan prasangka anda terhadap anak akan menjadi doa.

Bayi lahir kedunia pastilah membutuhkan adaptasi, maka bantu bayi untuk beradaptasi dilingkungan barau. Cara termudah yang digunakan adalah dengan menggendongnya. Selama dalam kandungan bayi berada dalam kondisi yang nyaman, hangat dan tentu aman. Rahim dan psikologis ibu yang sehat telah menyediakan tempat semacam itu. Maka salah satu yang tepat untuk dilakukan adalah dengan menggendong. 

Menggendong akan membuat bayi hangat dan nyaman. Menggendong serupa dengan pelukaan, selain hanyat, cinta yang tersalurakan melalui gendongan akan sampai pada bayi. Bayu telah mengenal aroma sang ibu sejak dalam kandungan sehingga ia akan mengenali pula aroma ibunya setelah ia lahir ditambah dengan bau ASI yang sangat khas.

Oleh karena itu seorang bayi yang menangis akan langsung diam ketika ibu menyentuhnya apalagi menggendongnya. Bahkan terkadang hanya mendengarkan suaranya saja sudah merasa tenang. Begitu dasyat kan manfaat menggendong bagi bayi.

Informsi berikut ini sangat penting untuk anda ketahui. Anda dianjurkan menggendong atau menimang bayi sesering mungkin. Secara logika asal, bahwa perkembangan bayi itu akan sangat cepat hingga nanti ia menjadi dewasa. Ada masanya anak anda nanti tidak suka digendong. Masa dia mulai bergerak merangkak dan juga mengenal jalan adalah masa ia tidak suka digendong. Dan semakin besar tentunya anda tidak akan mampu lagi menimangnya. Maka dari itu manfaatkan waktu anda untuk menimangnya sesering mungkin untuk menjalin keeratan batin dengan bayi anda.

Bayi usia 0-3 bulan adalah waktu yang tepat untuk menimang bayi. Kondisi fisik bayi yang masih lentur mewajibkan anda harus hati-hati namun harus percaya diri, karena jika tidak maka ia akan merasa tidak nyaman berada dalam gendongan anda. Selama anda percaya diri maka anda dapat menggendong dengan benar. Jika anda nyaman maka bayi juga akan merasa nyaman. Masa ini bayi masih menyesuaikan diri dengan rahim anda sehingga perbanyaklah menggendongnya dan salurkan sebanyak munkin cinta untuknya. Dan setelah usia ini maka kurangi intensitas menimangnya dengan cara memberikan ia ruang gerak untuk mengekplorasi lingkungan sekitarnya. 

Bayi dapat merasakan lingkungan sekitarnya maka pastikan kondisi emosi dan psikologis anda tenang. Mungkin beberapa orang tua kesal saat bayinya rewel. Namun sebelum anda kesal, maka tanyakan dulu pada diri sendiri “bagaimana keadan saya hari ini?” pada dasarnya anak yang rewel itu dipicu oleh kondisi sekelilingnya khususnya kondisi psikologis orang tua terutama ibu. Bayi dapat merasakan konsisi psikologis orang yang menggendongnya. Maka pastikan anda merasa bahagia saat menggendongnya sehingga bayi juga akan merasa nyaman. 

Hal yang perlu anda lakukan saat menggendong adalah dengan mengajaknya berkomunikasi. Ajak bayi anda untuk membicarakan banyak hal. Ketika menggendong anda tidak boleh diam. Ajak ia menyanyi, sholawat, menghafat surat-surat Al Qur’an. Mrngatakan betapa indah hari ini. Tunjukkan betapa indahnya langit dan hal-hal yang menggembirakan. Walaupun belum bisa berkomunikasi namun bayi akan merekam semua yang anda berikan dalam memorinya dan saat ia bisa berkomunikasi nanti apa yang telah anda berikan akan keluar. Anak adalah kertas putih amka berikan coretan indah dan bermanfaat dalam hidupnya. 

Anak kecil yang bisa menghafal Al Qur’an selain itu berkah, itu juga merupakan pembiasaan yang dibawa sejak lahir. Sambil menimang bahkan dari dalam kandungan orang tua selalu melantunkan ayat-ayat Al Quar’an sehingga ketika bisa berbicara anak akan bisa juga melantunkan bacaan Al Qur’an. Mari memberi bayi cinta dan pendidikan dengan menimang. Have a Nice day mom!

No comments