Cara Menghilangkan Kerak pada Kepala Bayi




            Memiliki bayi adalah salah satu anugrah terindah yang dimiliki orang tua. Oleh karena itu maka kita sebagai orang tua harus mampu merawatnya dengan baik. Merawat bayi merupakan hal yang menyenangkan, karena setiap waktu anda akan dikejutkan oleh perkembangan bayi yang luar biasa. Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap banyak hal yang ada dilingkungan sekitar. Oleh karena itu bunda harus benar-benar serius dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan pastikan kebersihan bunda selalu terjaga sebelum memegang bayi.
           Salah satu masalah yang sering timbul saat merawat bayi adalah kesalahan dalam merawat kebersihan bayi terutama dibagian kepala. Kotoran dibagian kepala biasa disebut dengan kerak yang menyerupai ketombe dalam jumlah yang besar dan tebal serta berwarna hitam. Namun ada juga yang seperti ketome berwarna putih. Kerak ini sangat mengganggu penampillan buah hati anda. Orang yang melihat juga akan merasa risih
         Kerak ini biasanya akan membuat kuku bunda menjadi gatal untuk membersihkannya. Tapi tunggu dulu bunda, jangan terburu-buru saat membersihkannya. Dalam membersihkan kerak pada kepala bayi tidak boleh sembarangan karena menyebabkan infeksi. Tengkorak kepala bayi masih belum terbentuk  sempurna sehingga dalam membersihkan kerak harus sangat hati-hati.
Berikut ini merupakan cara menghilangkan kerak pada kepala bayi dengan mudah dan aman,
1. Pastikan bayi dalam keadaan tenang. Bisa saat tidur atau pada saat terbangun. Ketika membersihkan sebaiknya bayi dibiasakan dalam kondisi sadar. Hal ini bertujuan agar bayi terbiasa dengan proses pembersihan diri sehingga ini juga merupakan pendidikan karakter sejak dini tentang menjaga kebersihan.
2.   Benda-benda yang dibutuhkkan untuk membersihkan kepala bayi adalah baby oil, sisir khusus bayi, shampo bayi, waslhap dan handuk kering.

            Caranya oleskan baby oil secara merata pada kulit kepala bayi yang ada keraknya. Biarkan kira-kira 30 menit. Waktu yang paling efektif adalah saat sebelum mandi. Jika terlalu lama maka bayi akan merasa tidak nyaman atau dalam bahasa kita adalah risih.  Kemudian setelah 30 menit, sisir secara perahan bagian yang telah diolesi baby oil tadi. Maka secara perlahan kerak akan mengelupas.
              Memang tidak instans dalam sekali waktu bersih. Ini harus diakukan secara beruang-uang. Karena jika diakukan dalam sekali waktu maka kulit kepala bayi akan kemerah-merahan. Jika dirasa cukup maka bayi siap untuk dimandikan. Bersihkan sisa baby oil dengan shampoo khusus bayi dengan menggunakan washlap kemudian bilas hingga bersih lalu keringkan dengan handuk.




              Tips dalam membersihkan bayi adalah dalam kondisi terjaga bukan saat tidur. Mengapa? Ini merupakan bentuk pendidikan sejak dini tentang kebersihan. Biarkan bayi sadar bahwa ia sedang dibersihkan maka ia akan belajar tentang kebersihan tubuh.
         Pada dasarnya penyebab kerak pada kepala bayi sangat beragam salah satunya karena konsummsi minyak dan lemak yang berebihan saat bunda hamil. Banyak yang menyarankan saat bunda hamil untuk banyak mengkonsumddi buah dan sayur. Inilah salah satu tujuannya agar kulit bayi saat lahir bersih. Karena jika konsumsi daging yang berlemak dan makanan lain yang mengandung minyak terlalu banyak maka akan menyebabkan kulit bayi terlihat kotor dan sedikit berminyak. Konsumsi daging, protein, dan bahan yang lain memang perlu namun tidak boleh berlebih. Utamakan yang menjadi menu utama adalah buah dan sayur.
Semoga bermanfaat dan semangat menjaga kebersihan bayi, serta pendidikan sejak dini tentang kesadaran kebersihan.  



No comments