Cara Menurunkan Panas Bayi dengan Cepat



           Memiliki bayi merupakan anugerah terindah yang mengajarkan kita akan kesabaran. Perkembangan bayi yang senantiasa membuat kita takjub akan kebesaran Allah. Selain itu bunda terkadang dibuat khawatir jika bayi sakit.  Dalam perkembangannya bayi tidak lepas dari demam (panas), batuk dan flu. Ini merupakan proses yang harus bunda lewati dengan baik.

Baca juga:  

           Cara menurunkan panas bayi dengan cepat, saat ini sudah disediakan oleh pasar dengan berbagai bentuk. Namun dalam tulisan kali ini tidak menganjurkan pada bunda untuk menggunakan berbagai produk tersebut. Mengapa? Karena didapur bunda terdapat banyak obat yang bisa menurunkan panas bayi dengan cepat dan efektif. Berikut ini merupakan cara menurunkan panas bayi dengan cepat dari berbagai obat yang ada didapur bunda,
1.   1Bawang merah

Bawang merah adalah benda yang wajib ada di dapur. Masakan akan terasa lebuh nikmat karenanya. Ternyata selain untuk masakan, bawang merah sangat efektif untuk menurunkan panas anak dengan cepat. Caranya, kupas tiga bawang merah, cuci hingga bersih, dan parut. Setelah itu tuangkan tiga tetes minyak telon ke dalam parutan bawang merah tadi. Berilkutnya oleskan pada setiap persendian bayi mulai dari kaki, lutut, tangan (tangan, siku dan pundak), leher, telapak kaki, perut dan juga punggung. Olesan ini akan menghangatkan tubuh sehingga bayi akan merasa nyaman. Lakukan ini malam hari saat bayi tidur. Insyaallah pagi hari panasnya sudah reda.

2.   2. Labu siam

Labu siam merupakan jenis labu yang banyak manfaatnya, salah satunya adalah untuk menurunkan panas pada bayi. Caranya adalah pilih labu siam yang masih muda, kupas kulit hingga bersih. Lalu seperti mengupas tadi maka kupas bentuk memanjang dan tempelkan pada dahi bayi hingga pelipis bayi. Jika panasnya cukup tinggi maka tempelkan juga pada leher bagian belakang bayi. Jika tempelan labu siam ini sudah kering maka ganti dengan yang baru.

3.   3. Mentimun

Mentimun hampir sama khasiatnya dengan labu siam. Sayur yang segar ini juga sangat mudah untuk ditemukan didapun bunda. Maka jika labu siam tidak ada, bunda bisa menggunakan mentimun. Prosesnya sama yaitu cuci bersih lalu kupas dan kupasan berikutnya memanjang dan tempelkan pada dahi hingga pelipis serta leher bagian belakang.

4.   4. Skin to Skin

Bayi yang panas terkadang maunya ia digendong oleh bunda. Maka moment ini jangan dijadikan keluhan kerena harus menggendong sepanjang malam dan hari. Hal ini justru akan mempercepat  proses penurunan panas bayi. Ketika sudah di kompres menggunakan labu siam atau mentimun maka langkah untukmempercepat penurunan panas adalah skin to skin. Saat menggendong maka buka bagian dada bunda dan tempelkan pada pipi atau dahi bayi. Lakukan ini dengan mengucapkan sholawat maka insyaakkah panas bayi akan turun.

5.   5. Membaca surat Yasin

Fadilah surat Yasin sudah tidak diragukan, karena banyak orang telah mendapatkan manfaatnya. Biasanya saat sikecil panas tinggi langkah terakhir yang saya lakukan adalah membacakan ia surat Yasin. Dengan suara yang lembut sehingga akan menenangkan ketika didengar bayi. Membaca surat Yasin dengan dengan penuh kepasrahan maka akan menenangkan bunda yang berdampak pada positif tinking. Lakukan dengan penuh keyakinan bahwa Allah maha menyembuhkan segala macam penyakit.  

            Semoga bermanfaat dan salam sehat untuk bunda dan keluarga. Ingat sekeliling kita banyak obat yang telah tersedia dengan mudah maka manfaatkanlah.

No comments