Kenali perkembangan pancaindra janin

Kenali perkembangan pancaindra janin

Kenali perkembangan pancaindra janin



Anda positif hamil! Dunia telah berpihak kepada anda, rasa bahagia tidak bisa terlukiskan hanya dengan kalimat sederhana. Dan anda telah memilih bahagia anda. Saat anda dinyatakan hamil maka janin dalam kandungan anda masih berupa embrio dan akan terus berkembanga siring waktu kebahagiaan anda. Oleh karena itu setiap moment pertumbuhannya jangan sampai terlewatkan begitu saja. Ketahui perkembangannya dan beri dukungan dengan cinta anda.Berikut ini adalah perkembangan pancaindra janin yang penting untuk anda ketahui.



1.    Indra penglihatan
Perkembangan indra penglihatan akan terbentuk setelah otak telah terbentuk sempurna. Kelopak janin masih tertutup hingga sekitar minggu ke-26. Walaupun tertutup namun ia sudah mampu merasakan adanya cahanya. Hal ini disebabkan pada usia ke-18 minggu retina matanya sudah dapat menangkap cahaya walau masih samar-samar.
Baru pada akhir minggu ke 31-32 janin sudah menyadari adanya objek secara visual walau masih sangat terbatas. Kondisi ini dikarenakan didalam rahim sangat gelap namun perkembangan indra penglihatan sangat pesat.
Diusia 33 minggu janin telah dapat melihat yang sama ketika janin dilahirkan. Pupil mata bereaksi dengan sempurna yaitu membesar dan mengecil dalam respon terhadap cahaya.


2.    Indra pendengaran
Rahim adalah tempat yang telah didesign oleh Allah sebagai tempat yang tepat untuk kesempurnaan perkembangan pancaindra. Begitu juga indra pendengaran, didalam rahim janin dapar mendengar detak jantung ibu, suara aliran darah, pencernaan dan juga suara ibu yang sedang bercakap-cakap.
Telinga terbentuk pada usia kehamilan delapan minggu dan semakin sempurna saat usianya 24 minggu. Pada usia 18 minggu tulang dan saraf terbentuk dan terhubung dengan otak sehingga janin telah mampu mendengar walau masih sempurna. Pada tahap ini janin sudah bisa terkejut ketika mendengar suara yang tiba-tiba. Hal ini dapat dibuktikan dengan gerakan tiba-tiba yang dapat dirasakan oleh ibu.
Pada minggu ke 25 dan 26 seluruh bagian telinga sudah terbentuk sempurna sehingga janin dapat mendengar suara ibu dengan sangat jelas. Dan suara ibu terbukti dapat menenangkan janin. Dan  juga dapat mendengar suara ayahnya walau masih samar-samar. Oleh karena itu pada tahap awal perkembanga indra pendengaran sampai menjelang proses kelahiran, anda bisa melakukan stimulasi yang dapat mendukung pertumbuhannya. Salah satu caranya yaitu dengan memperdengarkan ia dengan Al Quran yang dibaca langsung atau menggunakan headset, musik klasik dan juga relaksasi. Suara lembut anda dapat membuatnya nyaman dan tenang.


3.    Indra peraba
Indra ini adalah indra sentuhan. Indra peraba ini mulai terbentuk pada minggu ke delapan. Bagian indra peraba yang pertama adalah pipi dan pada minggu ke 10 yaitun bagian alat kelamin. Kemudian minggu ke 11 telapak tangan, minggu ke 12 telapak kaki, minggu ke 17 indra peraba bagian bokong. Dalam perkembangan indra peraba ini janin akan mengenali bagian tubuhnya bahkan bisa juga dengan menghisap jempol tangan. Sehingga pada minggu ke 32 janin telah dapat merasakan panas, dingin, tekana dan juga rasa sakit.
Untuk memaksimalkan perkembangan indraperaba ini anda bisa dengan lembut membelai perut anda dan bayangkan seolah anda membelai buah hati tercinta.


4.    Indra pengecap
Indra pengecap sudah berfungsi pada minggu ke 13-15. Pada usia ini janin telah dapat merasakan rasa air ketuban, mulai dari manis, asam, pedas dan pahit. Rasa air ketuban adalah sama seperti makanan yang telah ibu konsumsi. Rasa-rasa tajam seperti kari, bawang, jahe, rempah-rempah akan sangat terasa bagi janin. Pada trisemester akhir janin dapat menelan air ketuban hingga 1 liter perhari. Kemudian pada saat lahir janin akan bisa mencari ASI ketika ia dalam pelukan ibu, hal ini karena rasa air ketuban mirip dengan ASI.


5.    Indra penciuman
Organ penciuman yaitu hidung mulai terbentuk saat usia kehamilan 11-15 minggu. Janin dalam kandungan juga dapat menhirup aroma air ketuban sehingga ketika proses Inisiasi Menyusui  Dini (IMD) bayi akan menggerakkan kepala dan mulutnya agar sampai pada puting susu ibu.

Anda bisa membuat catatan perkembangan janin sehingga anda dapat mengambil tindakan yang dapat memaksimalkan perkembangan pancaindranya dengan sempurna. Kawal setiap perkembangan janin dengan bahagia dan penuh cinta.

No comments