Cara Menghadapi HPL

Bahagiannya Ibu Melahirkan

Cara Menghadapi HPL 


“Perkiraan satu bulan lagi ibu melahirkan” ini adalah pernyataan bidan yang membuat ibu hamil deg-degan dan bahagai. Tinggal satu bulan lagi ibu akan bertemu dengan buah hati tercinta. Anda tentu saja sudah mencari informasi diberbagai sumber tentang segala pernak pernik melahirkan. 
Bagaimana tidak, karena melahirkan adalah salah satu moment terbaik yang terjadi dalam kehidupan seorang wanita. Bahagiannya ibu melahirkan akan anda peroleh dengan berbagai cara menghadapi HPL berikut ini. 

1. Komunikasi dengan Janin 
Ketika anda sudah mengetahui HPL, maka anda harus sering berkomunikasi dengan janin. Setelah trisemester ketiga semua organ janin telah sempurna. Jadi ketika anda mengajaknya berkomunikasi ia akan mampu merespon berupa tendangan atau gerakan yang dapat anda lihat dan rasakan. Ajak ia untuk bekerja sama dengan anda untuk proses melahirkan yang nyaman. Gunakan kata-kata positif untuk berkomunikasi agar ia tumbuh menjadi anak yang positif. Rasakan, pikirkan dan bicarakan tentang hal-hal yang ingin anda lakukan pada saat melahirkan. Misalnya “ dek, insyaAllah satu bulan lagi kita akan bertemu, maka mari kita bekerja sama untuk proses kelahiran nanti agar semuannya berjalan dengan lancar, sehat dan juga menyenangkan....”. Ungkapkan juga perasaan cinta anda kepada janin. Hal ini akan menambah energi positif anda dan janin. 

2. Niatkan 
Sejak bangun dipagi hari dan sebelum turun dari tempat tidur, selalu niatkan hari anda akan berjalan dengan indah dan menyenangkan. Begitu juga dengan proses kelahiran. Buat gambaran bahagiannya melahirkan mulai dari sekarang. Bayangkan situasinya, tenaga medis, suami anda dan kondisi anda saat melahirkan. Bangun impian itu mulai dari sekarang. Hal ini bisa anda lakukan dipagi hari sebelum bangun dan juga malam hari saat anda mau tidur. Dengan membayangkan situanya melahirkan yang menyenangakan anda telah membangun energi besar yang positif untuk kesiapan psikologis dan juga fisik anda. Anda akan menikmatinya. Jangan sekalipun membayangkan memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk. Karena ini akan memperburuk psikologis anda dan juga fisik. Karena kemungkinan hanya akan menjadi kemungkinan yang semu dan jika anda terus memikirkan kemungkinan buruk itu maka secara otomatis anda menyiapkan diri anda berada dalam situasi buruk. Maka mulai sekarang niatkan dalam diri anda bahwa proses melahirkan nanti akan berjalan menyenangkan dan juga sangat nyaman. 

3. Kurma 
Siap secara psikologis saja akan terasa kurang. Maka dari itu anda harus menyiapkan fisik anda juga. Konsumsilah kurma, dua buah setelah makan. Kurma kaya akan manfaat yang tak diragukan khasiatnya. Walupun manis namun tidak akan membuat orang yang memakannya menjadi gemuk. Gula dalam kurma akan berubah menjadi energi yang dapat mempermudah proses kelahairan bayi anda. 

4. Saling percaya 
Anda dan suami harus saling mempercayai. Proses melahirkan bukan hanya milik ibu hamil namun juga milik suami. Maka anda dan pasangan harus saling percaya dan juga bekerja sama dan saling menguatkan bahwa anda dan pasangan akan menjadi orang tua yang hebat. 

5. Saya siap 
Ucapkan “saya siap” ketika tanda-tanda melahirkan sudah nampak. Salah satunya adalah keluarnya flak dan dilanjutkan dengan kontraksi yang berpola dengan durasi yang semakin cepat. Maka ketika ini terjadi anda harus siap dan tidak boleh panik. Tenangkan diri anda dan pasangan. Disinilah peran dari gambaran awal yang telah anda bangun untuk proses melahirkan yang menyenangkan. Anda akan menjadi ibu melahirkan yang bahagia sesuai dengan rencana dan gambaran awal anda. Selamat untuk ibu melahirkan dengan normal karena anda begitu spesial.

Baca Juga :

No comments