Cara Mengatasi Diare pada Bayi dengan Aman


Cara Mengatasi Diare pada Bayi dengan Aman

Cara Mengatasi Diare pada Bayi dengan Aman

Bahagianya bila sikecil ceria, namun jika si kecil sakit rasanya pasti tidak menyenangkan. Sakit merupakan hal yang biasa terjadi pada siapapun termasuk pada bayi. Bayi biasanya rawan sekali terkena diare.

Bayi yang masih ASI eksklusif biasanya buang air besarnya lembek namun jika frekuensinya terlau sering dengan diikuti oleh cairan kental berwarna bening, itu bisa saja adalah diare. Jika ini terjadi pada bayi anda, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah jangan panik.

Selama masih ASI eksklusif maka obat untuk bayi akan semakin mudah. Obati diare pada bayi dengan menggunakan ASI. Caranya yaitu anda harus mengkonsumsi obat tertentu. Untuk diare pilihlah obat yang alami. Berikut ini adalah obat alami yang dapat mengatasi diare pada bayi,

Kunyit
Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang mudah didapat. Kunyit secara instan telah banyak dijual dipasaran. Numun sekali lagi gunakanlah bahan yang alami. Untuk kunyit anda bisa mengolahnya sendiri. Sebagai obat diare anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini. 

Siapkan lima jari kunyit, cuci kunyit hingga bersih dari tanah, kemudian kupas dan cuci kembali. Setelah itu kunyit bisa anda blender atau diparut.  Gunakan air hangat untuk campurannya kira-kira 200 cc. Kemudian saring, agar ampasnya tidak tercampur.  Agar rasanya tidak getar maka anda bisa menambakan madu atau gula Jawa. Mimumlah dua kali sehari, yaitu pagi dan sore.

Mungkin ada beberapa yang tidak percaya, anak yang sakit, kok ibu yang minum obat. Untuk menjawab hal ini kuncinya adalah keyakinan. Bayi yang minum ASI berarti segala nutrisinya berasal dari ibu. Maka begitu juga obat. Anda bisa menyalurkan obat melalui ASI anda. Saat minum air kunyit maka niatkan dalam hari dan yakinlah bahwa apa yang anda minum itu dapat menyembuhkan bayi anda dari diare.

Selain untuk diare, kunyit juga dapat menyembuhkan demam pada bayi. Caranya sama dan juga niatkan sebelum meminumnya. Era modern ini anda harus benar-benar selektif dalam memilih obat untuk bayi tercinta anda. Jangan biarkan anda ketergantungan obat. Anda adalah dokter terbaik untuk anak anda. Selama tidak panik maka anda dapat melakukan semuanya dengan baik. 


Daun Jambu
daun jambu

Jika anda tidak suka ribet maka daun jambu bisa menjadi pilihan. Petiklah daun jambu muda kemudian cuci bersih dan kemudian bisa anda konsumsi secara langsung.


Teh Pahit
teh pahit

Teh pahit juga dapat mengobati diare. Caranya, tuangkan satu sendok makan  teh tubruk kedalam 100cc air panas. Diamkan hingga berubah warna, juka telah pekat maka saring dan tambahakan air dingin secukupnya hangga teh hangat dan siap diminum. Minumlah pagi dan sore.


Oralit
oralit

oralit anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang alami yaitu dengan memberikan campuran gula dan garam pada air. Tuangkan 1 sendok makan gula dan satu sedok teh garam kedalam 100cc air hangat. Kemuadian minumlah dua kali sehari.

Jika anak sakit, anggaplah anda yang sakit sehingga anda bisa mengkonsumsi obatnya untuk si kecil. Anda harus yakin bahwa ASI adalah nitrisi terbaik untuk bayi dan juga obat yang paling mujarab bagi segala penyakit untuk bayi anda. Selama anda meyakini maka itulah yang akan terjadi. Dalam ASI juga mengalir cinta dan doa yang tulus dari anda sehingga anak akan tumbuh dengan sehat dan sempurna. Berbahagialah dan tularkan kesehatan dan sikap positif pada bayi anda. 

No comments