Cara Memperlancar ASI

Tips Memperlancar ASI

Cara Memperlancar ASI


Cara memperlancar ASI ini penting untuk mendapatkan perhatian khusus.  ASI adalah asupan utama dan satu-satunya bagi bayi yang baru lahir sampai usia 6 bulan.  Dengan demikian produksi ASI harus banyak dengan kualitas yang bagus. 

Besar kecilnya payudara tidak berpengaruh terhadap jumlah produksi ASI. Banyak orang bilang bahwa payudara yang besar akan menghasilkan ASI yang banyak sedangkan payudara kecil akan sulit untuk produksi ASI. Pernyataan ini salah besar. Oleh karena ibu harus memahami apa saja sih yang harus dilakukan agar produksi ASI banyak sehingga kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi. 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ASI kaya akan manfaat baik untuk fisik bayi dan juga mental. Secara fisik ASI sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak, daya tahan tubuh yang bagus, meningkatkan kepercayaan diri anak, anak akan tumbuh dengan cinta. Dengan memberi ASI eksklusif maka anda telah mengawal pertumbuhannya dengan benar.  Dan secara agama menyusui selama 2 tahun merupakan ibadah yang memiliki pahala besar.

Berikut ini merupakan beberapa cara memperlancar ASI yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi. 

1. Niat
Semua hal yang terjadi dalam hidup harus diawali dengan niat yang baik. Hal ini bisa anda mulai pada saat hamil. Niatkan dalam hati bahwa anda akan memberikan ASI eksklusif yang banyak dan berkualitas bagi bayi anda. 

Namun jika saat hamil anda belum meniatkan hal ini maka mulai sekarang niatkanlah. Tidak ada kata terlambat untuk hal yang baik. Sesibuk apapun anda maka memberi ASI eksklusif adalah kewajiban bagi anda. Jangan menghindari kodrat ini hanya karena alasan yang tidak masuk akal. Selama ada niat pasti ada jalan.

2. Berbahagia
Berbahagia selama menjalani masa menyusui adalah kunci kelancaran ASI. Stress hanya akan memyumbat produksi ASI. Sehingga semakin anda bahagia dan gembira maka produksi ASI akan semakin banyak dan tentu saja berkualitas. 

Memberikan ASI bukan hanya sekedar memberikan air susu ibu kepada bayi namun yang terpenting adalah memberilkan cinta melalui ASI. Dalam ASI mengalir banyak cinta, doa dan kebaikan yang tidak bisa diproduksi oleh pabrik manapun.  Memberi ASI dengan pelukan, tatapan mata penuh cinta, dan mengajaknya berbicara adalah penguat hubungan anda dengan bayi. Seorang bayi tidak akan pernah melupakan moment ini sepanjang hidupnya.  Menyusui adalah salah satu bukti cinta seorang ibu terhadap buah hatinya.

Lalu bagaimana jika ada wanita yang tidak bisa mengeluarkan ASI? Maka pertanyaan selanjutnya apakah ada niat dalam wanita tersebut? Yakinlah selama ada niat maka ada jalan.

3. Minum air mineral
Air mineral sangat baik untuk memperlancar ASI.  Semakin banyak anda minum air mineral maka ASI anda akan banyak pula. Jangan percaya jika ada orang bilang ASI anda kosong karena anda belum makan. Hal ini hanya mitos yang jika anda percayai maka akan menjadi kenyataan. Saat menyusui anda tidak harus makan sampai berkali-kali dalam porsi yang besar, cukup 3 kali sehari dengan porsi yang wajar. Dan intinya yang diperbanyak adalah minum air mineral.

4. Sering menyusui
Semakin anda sering menyusui maka produksi ASI akan semakin banyak. Susui bayi anda paling lama 1 jam. Boleh dengan sering asal anda memahami kebutuhan ASI bayi anda. Ingat jangan biarkan ia kekenyangan maka ia akan muntah. Kenali karakteristik bayi anda. Mulut dan air liur bayi akan berguna untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Sehingga prosuksinya akan berbeda jika anda hanya memompanya. Banyak manfaat yang diperoleh dengan memberi ASI secara langsung.

5. Pijatan 
Lakukan pijatan lembut pada payudara untuk memperlancar ASI. Karena jika sampai payudara anda keras maka bayi akan sulit untuk menyedotnya. Bahkan jika terlalu keras maka ASI akan keluar dengan banyak dan ini bisa membuat bayi anda tersedak.

6. Sayur dan buah
Sayur khususnya yang berwarna hijau dan juga buah merupakan makanan wajib yang harus dimakan oleh ibu menyusui. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah maka akan meningkatkan kualitas ASI. Secara rasa, ibu menyusui yang banyak makan sayur dan buah maka rasanya akan manis, sehingga bayi akan menyukainya. Sebaliknya jika terlalu banyak makan makanan yang berbau amis maka ASI juga akan amis. ASI juga berdampak pada bau badan bayi, jika kualitas ASI bagus maka bau badan bayi akan ikut harum juga, namun jika tidak maka bau badan bayi akan kecut.

Semoga bermanfaat dan ingat, hanya keuntungan yang akan anda dapatkan dengan memberi ASI eksklusif. 

No comments