Usia Normal Bayi Mulai Merangkak


Perkembangan buah hati memang tak henti-hentinya membuat kejutan. Setiap hari selalu saja ada perkembangan luar biasa yang terjadi pada si kecil dan semuanya menakjubkan. Mulai dari pertama kali mengeluarkan air mata, miring, tengkurap,duduk, merangkak, berbicara dan berjalan. Semua moment itu sangat sayang untuk dilewatkan.
Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang usia normal bayi mulai merangkak. Secara normal byi akan mulai merangkak pada usia 6 sampai 10 bulan. Tahap merangkak ini bisa dilihat dari kemampuan bayi menopang badan dengan tangan saat tengkurap. Ketika bayi sudah siap maka tahap merangkak akan dijalani dengan mulus.
Tahap merangkak merupakan salah satu tahap penting dalam tumbuh kembang bayi yang harus dilalui. Dalam masyarakat masih ada anggapan yang salah tentang merangkak. Banyak orang tua yang bangga ketika anaknya tidak melalui proses merangkak dan langsung berjalan. Proses merangkak ini sangat baik untuk perkembangan  bayi.
Usia normal bayi mulai merangkak sebagian besar terjadi pada usia 7 bulan. Namun anda tidak perlu khawatir berlebihan saat usia tujuh bulan buah hati belum merangkak. Pekembangan bayi itu unuk dan tidak sama satu dengan yang lainnya. Banyak faktor yang menjadi pembedannya, mulai dari nutrisi serta stimuli yang diberikan orang tua dan orang-orang disekitarnya.
Merangkak ada beberapa jenisnya yaitu merangkak dengan tangan dan lutut, merangkak dengan tangan dan kaki, merangkak dengan tangan siku dan perut dan ada yang ngesot. Namun anda harus memastikan bahwa tahap merangkak ini harus dijalani si kecil. Mengapa?  Saat merangkat tubuh bayi akan terlatih secara keseluruhan.  Berikut ini merupakan manfaat merangkak bagi bayi :

1.       Otot besar dan kecil tumbuh dengan baik
Merangkak merupakan tahap perkembangan bayi yang melibatkan gerak seluruh anggota badan. Sehingga tubuh akan bergerak aktif. Ketika merangkak otot bayi akan terlatih sehingga menjadi lentur. Kelenturan ini dibutuhkan bagi tubuh agar gerak bayi menjadi bebas sehingga anak  tumbuh menjadi anak yang aktif dan perkembangan motorik yang sempurna.

2.       Melatih persendian tangan dan kaki
Pelatihan dan gerak sendi yang terlatih sejak dini akan menjaga kelenturan sendi hingga nanti menginjak usia senja. 

3.       Kesimbangan perkembangan otak kanan dan kiri.
Merangkak itu merupakan saranan untuk keseimbangan otak. Bagamana bisa? Iya bisa karena merangkak itu menselaraskan gerak tangan dan kaki agar bergerak secara berirama. Kalau diamati lebih teliti dalam merangkak itu melatih anak untuk menggerakkan tangan kanan dengan kaki kiri secara bersamaan serta bergantian  tangan kiri dengan kaki kanan. Maka ketika bergerak otak memberikan komando kepada tubuh untuk bergerak secara seimbang agar anak tidak terguling.  Maka perkembangan keseimbangan otak kanan dan kiri sangat ditentukan pada tahap ini.

4.       Merangsang kepekaan terhadap lingkungan sekitar
Merangkak membuat anak aktif untuk mengenal benda-benda disekitarnya. Dengan merangkak anak bebas untuk mengenal dan memegang benda-benda disekitarnya. Anak akan menjadi lebih tertarik dan menambah rasa ingin tahu anak. Hal ini juga merupakan tanda-tanda anak dengan kemampuan kecerdasan yang baik. Rangsang terus keingintahannya terhadap lingkungan sekitar agar anak tumbuh dengan kepekaan sosial yang tinggi.

5.       Mebentuk badan yang ideal
Bayi yang gemuk memang menggemaskan dan lucu. Namun jika terlalu gemuk pada dasarnya akan mempersulit bayi bergerak aktif. Tetap beri nutrisi yang ideal sehingga berat badan dan tinggi badan tumbuh dengan ideal. Selalu cek kesimbangan keduannya untuk bayi tumbuh sempurna. Nah juka bayi anda terlalu gemuk maka merangkak adalah solusi yang paling ampuh untuk membentuk badannya menjadi ideal.  Dengan merangkak sebenarnya bayi sedang melakukan olah raga yang dapat membakar lemak berlebih. Selain itu merangkak merupakan pengalihan perhatian anak terhadap makanan karena ia telah asik dengan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap lingkungan dan benda-benda disekitarnya untuk disentuh.


Pada dasarnya merangkak merupakan tahap penting yang harus dijalani oleh bayi agar bayi tumbuh sehat dan cerdas. Jangan bangga ketika anak tidak melewati proses merangkak. Karena banyak proses terindah saat merangkak. Rangsang terus anak untuk merangkak dengan membaca:

No comments