Cara Mengobati Batuk dan Flu Pada Bayi secara Alami



          Batuk pada bayi memang cukup menghawatirkan, apalagi batuk berdahak dan flu.  Bayi yang belum bisa mengeluarkan dahak hanya akan menangis dan rewel. Namun bunda tidak perlu cemas karena yang dinamakan bayi tentu saja masing sangat bergantung pada ASI bunda. Sehingga sakit pada bayi bisa ditanggung berdua dengan bunda.
         Proses kehamilan yang sehat dan bayi yang lahir dengan sehat tentu akan membawa anti body yang bagus pula. Oleh karena itu jangan terburu-buru mengunakan obat kimia dalam mengatasi penyakit bayi seperti batuk dan flu. Mengapa? Penggunaan apalagi sampai ketergantungan pada obat istilahnya “dikit-dikit obat” ini hanya akan merusak system imun pada bayi. Menggunakan obat boleh dengan takaran dan pertimbangan yang jelas. Usahakan dalam merawat bayi sebisa mungkin menggunakan obat-obat alami yang ada disekitar kita. Betul Allah SWT telah menciptakan obat disekitar kita sehingga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
        Cara mengobati batuk dan flu pada bayi merupakan kewajiban bunda. Mengapa? Diatas telah disinggung bahwa apapun penyakit bayi bisa ditanggung dengan bunda. Coba deh diingat saat  bayi sakit, bunda pasti merasakan sakit juga kan? Nah jika sudah seperti itu maka bunda jugalah yang harus mengobatinya. Berikut ini merupakan cara mengobati batuk dan flu pada bayi,
1.       Jeruk Nipis Hangat
Bayi diberi jeruk nipis hangat???? Yang benar saja ini bayi!
Tenang bunda, teruskan membaca. Ingat ketika bayi sakit maka bunda ikut sakit sehingga bunda yang harus mengobatinya. Maksudnya adalah bunda yang harus minum obat mewakili bayi. Lho kok bisa. Ingat makanan bayi masih sangat bergantung pada ASI begitu juga dengan obat. Apapun yang bunda makan maka nutrisinya akan sampai pada bayi. Begitu juga obat. Nah untuk jeruk nipis hangat ini bisa diminum pada pagi saat hari bangun tidur. Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk nipis adalah obat yang ampuh untuk batuk. 
2.       Rebusan bunga blimbing wuluh
Niatkan dan yakin bahwa obat yang bunda minum akan menyehatkan bayi. Obat kedua yang bisa bunda pilih adalah rebusan bunga blimbing wuluh. Blimbing wuluh merupakan tanaman yang melimpah dan tidak mengenal musim, sehingga akan sangat mudah menemukannya. Caranya petik dua atau tiga glombol bunga blimbing wuluh kemudian cuci bersih dan rebus sampai mendidih. Minumlah selagi hangat.
3.       Jeruk nipis dan kecap
Jeruk nipis dan kecap merupakan obat sederhana turun temurun yang hebat khasiatnya. Jika anda tipe orang yang tidak mau ribet maka obat ini adalah pilihan yang pas bagi bunda. Iris jeruk nipis dan peras dalam sendok lalu tambahkan kecap secukupnya. Minum obat ini tiga kali sehari. Bayangkan juga ini adalah obat yang mujarap layaknya sirup. Berikutnya perbanyak air putih. Selain untuk memperlancar ASi, Air putih juga bisa menyembuhkan batuk.
4.       Minyak telon
Oleskan minyak telon pada daerah dada, tenggorokkan dan belakang telinga bayi untuk memberi efek hangat. Berikutnya bunda juga bisa megoleskanya di area payudara bunda yang sekiranya terjangkau oleh penciuman bayi. Sehingga hidungnya bisa plong.  Ketika batuk teratasi maka insyaallah flu juga akan mengikuti.


        Semua obat disebutkan diatas hanya akan bermanfaat baik jika bunda percaya dan yakin. Semua penyakit datang hanya dengan ijin Allah dan begitu pula kesembuhan maka dalam mengkonsumsi obat apapun mintalah kesembuhan hanya kepada Allah SWT. Selalu iringi perkembangan buah hati tercinta dengan do’a.

No comments