Cara Menghitung Masa Subur dengan Mudah

Hamil adalah sebuah karunia dan juga amanah yang harus dijaga dan dipertangung jawabkan. Disamping karunia maka dalam merencanakan anda haruslah cerdas. Salah satu caranya agar cepat hamil adalah mengetahui masa subur anda. Sehingga anda akan tahu waktu yang tepat untuk berhubungan intim. 

Pada saat masa subur inilah pembuahan terjadi. Untuk mengetahui masa subur anda maka sudah menjadi keharusan bahwa anda harus memiliki catatan waktu anda haid. Sehingga siklusnya dapat terlihat dengan jelas, yaitu rentang waktu antara haid pertama sampai haid terakhir, hingga datangnya haid berikutnya. 

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda. Hal ini tergantung pada kondisi hormon masing-masing.  Siklus haid normal terjadi sekitar 21 sampai 35 hari. Masa subur setiap orang juga berbeda tergantung lamanya masa haid. Untuk kondisi normal masa subur terjadi antara hari ke 12 sampai hari ke 16. Masa subur biasanya dapat diketahui oleh anda yang benar-benar peka. Salah satu ciri ketika anda mencapai puncak masa subur atau saat sel telur matang dengan sempurna adalah:
 
  1. Suhu tubuh meningkat Saat anda merasakan suhu tubuh anda meningkat. Tanda berikutnya adalah adanya lendir berwarna bening dan licin seperti putih telur. 
  2. Rasa nyeri pada pinggang ataupun perut. Jika anda merakakan nyeri pada daerah pinggang ataupun perut maka ini adalah tanda bahwa anda berada pada masa paling subur. 
  3. Gairah tinggi Terakhir, untuk mendeteksi masa subur adalah saat anda merasa sangat bergairah dan juga bersemangat. Inilah tanda bahwa anda berada dalam kondisi yang siap untuk dibuahi. kematangan ini hanya terjadi pada satu hari saja. Sehingga anda harus benar-benar peka terhadap  tanda yang diberikan oleh tubuh anda. 
Jika anda masih merasa bingung maka cara menghitungnya adalah 1 minggu setelah masa haid berakhir maka dalam tiga hari berikutnya itulah masa dimana anda dalam kondisi subur. Waktu subur inilah anda dianjurkan untuk melakukan jimak. Secara ilmu pengetahuan kehamilan sangat ditentukan oleh preses perjalanan sperma bertemu untuk bertemu dengan sel telur. Ketika anda mencapai puncak subur dan pada saat itu sel telur dibuahi maka akan terjadi proses kehamilan. Anda harus memahami bahwa sel telur yang telah matang hanya akan bertahan 12 jam sampai 24 jam saja. Jika dalam waktu itu sel telur yang telah matang tidak dibuahi maka tidak akan terjadi proses kehamilan namun akan menjadi menstruasi.

Nah dari pengetahuan ini semoga menjadikan anda lebih smart dalam merencanakan kehamilan. Jadi anda bisa memperkirakan waktu yang tepat dengan kemungkinan pembuahan yang lebih tinggi. Dengan demikian peluang untuk hamil akan menjadi lebih besar. So rencanakan kehamilan anda dengan baik. Dan tunggu hasilnya.

No comments