Imunisasi untuk Bayi. Haruskah?


Imunisasi untuk Bayi. Haruskah?


Sudah menjadi mainstream jika imunisasi merupakan keharusan bagi seorang bayi.  Segera setelah kelahiran bayi langsung di imunisasi. Sejak jaman dimana wabah virus menyerang, imunisasi menjadi sebuah kewajiban bagi siapa saja. Namun di jaman seperti sekarang ini masih kah imunisasi itu penting? Pada dasarnya haruskah bayi diimunisasi?

Berbagai pertanyaan seputar imunisasi sekarang ini telah mencuat. Begitu pula dengan jawabannya. Ada berbagai jawaban yang bisa menjadi pertimbangan. Jika mencari di internet tentang pentingnya imunisasi maka anda akan menemukan dua kubu jawaban, yantu yang pro dan kontra. Bagi yang pro sebagian besar akan menjawab itu demi melindungi bayi dari ancaman virus, “mencegah lebih baik dari pada mengobati” itu kata mereka yang pro terhadap imunisasi. Imunisasi sebagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak kebal terhadap penyakit.

Bagi yang kontra juga tidak kalah dalam memberikan argumentasi. Bayi yang lahir secara alami memiliki daya tahan tubuh yang baik sebagai anugrah dari Allah SWT. Lalu mengapa anak yang sehat harus diimunisasi. Kenyataannya banyak anak  setelah diimunisasi akan mengalami panas dan ujung-ujungnya rewel. Dalam kondisi ini orang-orang yang pro mengatakan hal ini adalah proses penyesuian tubuh terhadap imunisasi.

Jika anda penasaran dengan pro dan kontra tentang imunisasi, anda bisa mencari informasi lebih lanjut di internet. Terlepas dari pro dan kontra tentang imunisasi yang membuat banyak orang tua bingung, maka ada langkah aman yang bisa anda ambil.

Pertumbuhan anak sangat erat kaitannya dengan anda sebagai orang tua, karena pertumbuhan anak sesuai dengan prasangka anda.  Maka dari itu, anda mulai sekarang harus berprasangka baik terhadap pertumbuhan buah hati tercinta. Jangan sampai prasangka anda menggangu pertumbuhan anak anda.

Berkaitan dengan imunisasi anda bisa memilih tindakannya. Biak itu imunisasi maupun tidak, tergantung keyakinan anda. Jika anda yakin akan manfaat imunisasi maka lakukannlah imunisasi dengan rutin tanpa berprasangka buruk terhadapnya. Yakinlah bahwa imunisasi akan membuat anak lebih sehat. Jangan ragu sedikitpun, karena jika ragu maka anda tidak akan mendapatkan manfaatnya sama sekali.

Begitu pula bagi anda yang tidak percaya manfaat imunisasi maka jangan pernah menganggap imunisasi itu buruk. Cukup fokus pada keyakinan bahwa anak anda akan selalu tumbuh sehat dan sempurna karena ia telah membawa daya tahan tubuh alami dari Allah. Cukup itu saja, karena jika anda menjelek-jelakkannya berarti anda telah memancarkan prasangka negatif dan hal ini akan berdampak juga terhadap pertumbuhan anak anda. 

Anak akan tumbuh sehat jika semua kebutuhaan nutrisinya terpenuhi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan ASI sangat bermanfaat bagi kesempurnaan pertumbuhan anak. ASI mengandung berbagai enzim yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan lebih kebal terhadap virus. ASI tidak bisa diprosuksi oleh pabrik manapun, karena ASI adalah anugrah dari Allah SWT. Bagi anda yang tidak percaya dengan imuniasai maka yakinlah bahwa ASI telah memberikan semua nutrisi yang diperlukan sehingga anak akan tumbuh dengan sempurna. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui maka semakin baik kandungan ASI anda. Jadi ayo semnagat untuk menyusui buah hati tercinta. 

Pada intinya imunisasi maupun tidak itu tergantung dari keyakinan anda. Jika anda yakin maka lakukan dan jika tidak yakin jangan pernah meragukannya. Semoga bermanfaat, pilihan ada ditangan anda. Ingat prasangka anda akan berpengaruh pada pertumbuhan anak sehingga biasakan untuk berprasangka baik. 


No comments