Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang Benar


Makanan Pendamping ASi (MPASI) yang Benar diberikan saat bayi berusia 6 bulan.Usia  6 buan ini adalah saat anak untuk pertama kalinya mencicipi makanan selain ASI atau lebih dikenal dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pengalaman pertama ini akan mentukan persepsi bayi dalam mengidentifikasi makanan kata iklan sih “pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda”. Oleh karena ini pengalaman pertama harus menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk buah hati anda sehingga ia akan tumbuh dengan mudah untuk memakan makanan yang sehat. Oleh Karena itu pelajari cara pemberian MPASI dengan benar.

Bubur sering kali menjadi pilihan yang paling umum untuk menjadi menu MPASI. Saat ini dipasaran sudah banyak pilihan bubur instan yang teah dikemas dengan cantik atau kedai khusus makanan pendamping ASI yang buka pada saat pagi hari. Hal ini memudahkan para ibu untuk memenuhi kebutuhan MPASI. Namun puaskah anda bahwa MPASI pertama bukan buatan tangan anda?

Sudah bukan rahasia lagi jika para ibu sekarang ini banyak yang menjadi wanita karir sehingga harus membagi waktu dan perhatian untuk dua hal yang sama-sama penting. Oleh karena itu cara instan banyak menjadi pilihan. Tahukan bunda bahwa memberi MPASI haruslah diimbangi dengan pengetahuan yang matang. Agar tumbuh kembang buah hari sempurna bukan asal kenyang.

Para Dokter menegaskan bahwa pemberian MPASI bagi buah hati adalah untuk memenuhi kebutuhan zat gizi dalam pertumbuhan dan perkembangannya, sekaligus mengajarkan anak mengenal variasi makanan. Selain itu ada hal penting lainnya yang berkaitan dengan pembentukan attitude seperti cara makan yang meliputi do’a sebelum makan, penggunaan tangan kanan saat menyuapi dan pengenalan air putih saat makan berakhir dan do’a setelah makan. Selain itu bayi juga akan belajar tentang  tempat makan, waktu makan dan bentuk penghargaan terhadap makanan.

Cara menyuapi makan denga berdiri dalam gendongan dirasa efektif karena anak akan mudah dikontrol agar makanan tidak tumpah. Namun hal ini secara attitude mengajarkan makan boleh sambil berdiri. Ini akan menjadi pengetahuan awal yang akan dia bawa hingga kelak dewasa. Ajari sopan santun sejak dini. Semua ini sangat penting untuk bayi karena berkaitan dengan perkembangan psikologis anak.

Jadwal pemberianMPASI pada tahap pengenalan bisa dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Untuk siang hari anda bisa memberikan selingan buah seperti papaya dan pisang. Baru setelah usia 9 bulan makanan bisa diberikan tiga kali sehari. Berikutnya yang perlu ada perhatikan adalah jumlah asupan MPASI. Jangan  kerena menangis anda memberikan MPASI dalam jumlah besar. Karena pemahaman yang tersebar luas selama ini adalah bayi akan tenang dan anteng saat bayi merasa kenyang. Anda juga harus mengontrol bayi agar tidak berlebihan dalam makan. Jika hal ini tidak diperhatikan maka akan beresiko obesitas pada bayi.

Kenalkan semua makanan sehat seperti buah dan sayur kepada bayi selama ia tidak menunjukkan elergi pada makanan tertentu.  Jumlah makanan yang diberikan bisa disesuaikan dengan usia bayi. Jangan sampai karena bayi terus membuka mulutnya maka anda tidak mengontrolnya dan tahu-tahu muntah. Ingat sesuaikan dengan usia. Untuk menu makanan yang sehat pada bayi baca juga: makanan yang sehat untuk bayi   
                                      

Semudah apapun MPASI didapat diluar sana Jangan lupa, MPASI terbaik adalah buatan ibu sendiri. Walaupun MPASI instan yang telah memenuhi pemeriksaan BPOM juga baik, karena dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sesuai petunjuk ahli namun yang terbaik adalah buatan anda sendiri. Karena tentu saja anda membuatnya dengan cinta yang tidak diproduksi oleh pabrik manapun selain itu dalam MPASI buatan anda ada do’a yang baik untuk perkebangan dan pemenuhan nutrisi si kecil. Ini yang Penting!

No comments